Cari Blog Ini

Memuat...

Rabu, 19 Januari 2011

Posts Tagged ‘profil personil supernova’


Supernova – BERCAHAYA –

SUPERNOVA – Ledakan Harmonisasi Yang Indah
Menuntun untaian nada-nada yang terbentang luas menjadi harmonisasi yang indah bisa menjadi sebuah ledakan hebat dalam ruang musik. Apalagi kalo mau membalutnya dengan dengan rasa yang tercipta dari sebuah imajinasi. Kalo memang sanggup, bersiaplah untuk menjadi penakluk sang pemilik hati. Dan SUPERNOVA sedang melakukannya. Band pemenang Wanted 2009 asal Purwokerto yang berdiri pada tanggal, 5 Oktober 2005 ini, tengah membangun apresiasi jiwa yang datang dari kisah hidup, cinta ke dalam alunan nada dan lirik yang mewakili perasaan para penikmatnya.
Band yang digawangi oleh  Angga (vokal), Galih (gitar), Randy (gitar),Ezsa (bas), Dedi (keyboard) dan K-ting (drum) siap melepas semua imajinasi yang selama ini mengepul dikepala mereka lewat album debutnya yang berjudul Bercahaya. Sebuah album hasil refleksi selama 5 tahun belakangan ini, mengedepankan dominasi nuansa pop alternatif. Konsep musik pop dengan tatanan emosi yang mendalam lewat lirik-lirik yang penuh makna. Dan terbungkus hasmonisasi yang indah.
“Apa yang kami hadirkan disini merupakan ekspresi yang datang dari dalam hati. Semuanya berdasarkan pengalaman yang kami lalui bersama-sama. Baik itu soal cinta, persahabatan, harapan dan sebagainya. Tapi untuk saat ini, hati sedang mengarahkan sorot “matanya” ke dalam tema-tema cinta,” papar Angga, vokalis yang sempat menjadi announcer di sebuah radio swasta.
Tema cinta yang dimaksud Angga cs. udah bisa dirasakan lewat tembang Sayang, yang menjadi trek perkenalan mereka di album debutnya. Lagu tersebut sudah mendapat respon yang baik dari Supernovans (sebutan fans fanatik Supernova) ketika dilepas ke radio-radio di seluruh Indonesia. Dengan konsentrasi pop yang kental, lagu yang diciptakan sang vokalis ini menonjolkan karakter string live yang manis. Komposisi interlude-nya ear catchy. Selama 3 menit 53 detik, Sayang jadi “peluru” yang berbahaya dari band bentukan tahun 2007 ini.
“Ini soal perasaan,” semburnya. “Ini adalah pengalaman pribadi yang sepertinya banyak dialami semua orang.  Tentang cinta yang mengambang karena keduanya sudah memiliki  pasangan. Tapi juga bukan cinta yang bertepuk sebelah tangan. Mungkin cinta yang nggak memiliki kejelasan. Hanya untuk mengungkapkan perasaan saja. Karena kedua hati ini sudah mempunyai pilhannya sendiri,” paparnya.
Jangan remehkan trek lainnya karena Supernova punya banyak “peluru” untuk membuat pendengarnya bertekuk lutut. Di mulai dengan harapan manis tentang cinta, Miliki Aku. Sebuah curhat indah yang terbalut dengan instrument kombo. Kemudian pastikan kalau hati nggak sedang mellow. Karena dengan dinamika di bagian aransemennya, lirik dari Aku Yang Akan Pergi dan Kuputuskan Tuk Putus, siap mengusik jiwa yang lapang dengan refrain yang nge-hook.
Berikutnya, sedikit menampilkan nuansa gothic dibagian introduction, tembang Mengingatmu Menyakitkan menyapa dengan konsep musikal yang menarik dengan balutan efek distorsi yang lembut.  Dan mereka mencoba tampil dengan aransemen asik di trek Teganya Dirimu dan Terlalu Mendamba. Dengan tempo medium, mereka memasukan efek-efek sound gitar yang crunch dan clean untuk membuat dua lagu ini colorful. Terakhir, mereka menyisipkan nomor yang membawanya ke puncak prestasi di ajang Wanted 2009, Aku Jatuh Cinta.
“Bagi Supernova, semua yang kami lakukan sampai saat ini merupakan hal baru yang pernah kita kerjakan. Hasilnya benar-benar luar biasa. Kita nggak pernah menghadirkan konsep musikal yang kadar emosinya bisa sangat mempengaruhi perasaan,” tegasnya.
Ajang Wanted sudah membuat skill dan wawasan bermusik mereka mengalami peningkatan. Hal ini bisa dirasakan pada konsep musikal yang mereka sajikan di album debutnya. Kalo membandingkan dengan konsep musikalitas yang ada dalam single Aku Jatuh Cinta (masuk dalam album kompilasi Wanted : We Spot Your Talent 2009) dengan 11 lagu barunya,  Supernova seakan telah menemukan energi dahsyat secara maksimal. yang bisa diaplikasikan lebih maksimal lagi.
“Kalo dulu kita bicara soal strategi bagaimana tampil hebat selama sekitar 5 menit. Sekarang kita bicara strategi yang lebih luas. Agar apa yang kami buat di album ini bisa dirasakan lebih dalam dan panjang. Akhirnya kita membuat aransemen yang lebih membekas dihati para penikmat musik. Maka super pop yang kita usung untuk Supernova,” kata Angga yang selalu ditunjuk menjadi juru bicara.
Sebagai informasi, Supernova lahir dengan visi dan misi yang kuat. Semenjak dibentuk sekitar 5 tahun silam Angga cs. sudah membuat konsep musikal yang kokoh. Peleburan dari beragam genre menjadikan mereka kaya akan perbendaharaan jenis musik, itu sebabnya mereka menyebut aliran mereka Super Pop. “Ya, kami mencoba menggabungkan nada-nada dari beragam warna musik favorit kami untuk bisa menghadirkan lagu yang harmonis, enak didengar, dan lirik yang bisa disenandungkan dalam keseharian,” tambahnya.
Tiga kali mengikuti ajang Wanted, keikutsertaan terakhirnya lah yang membawa mereka menuju sukses dikompetisi musik terbesar yang memberikan akses bagi para musisi berbakat untuk masuk ke industri musik Indonesia. “Layaknya mukzijat,”sembur K-ting. “Udah tiga kali kita mengikuti ajang ini, namun terakhir ini akhirnya kita dikasih kesempatan. Menyenangkan sekali karena hasil kerja keras selama ini berbuah manis. Kita bangga banget lah,” katanya.
Hmmm, sepertinya ketika sebuah karya seni datang dari palung hati, lalu dikreasikan dengan baik, bukan nggak mungkin ledakannya akan menggema jauh lebih panjang. Supernova yang diartikan sebagai ledakan bintang dahsyat di antariksa dan mengeluarkan cahaya yang indah, punya harapan yang sama. Mengeluarkan karya yang indah dan mendapatkan respon yang baik di tengah maraknya industri musik Indonesia. (*)
 
SUPERNOVA Siap Merilis Album Debutnya
SUPERNOVA, Satu lagi band jebolan festival musik terbesar di Indonesia akan ikut meramaikan belantika musik Indonesia. Si Jawara Wanted 2009 ini akan merilis debut album-nya minggu depan dan jumpa pers perilisannya sendiri akan dilaksanakan pada 12 Mei mendatang. Albumnya akan bertajuk “BERCAHAYA” yang berisi 12 track. Satu diantaranya adalah single dari album kompilasi Wanted 2009 yang berjudul “Aku Jatuh Cinta”. Video klip “Aku Jatuh Cinta” bisa dilihat di sini.  Sementara single pertama dari debut album penuhnya, berjudul “Sayang” sudah mulai mengudara di radio-radio Indonesia. Untuk video klip “Sayang”-nya sendiri masih dalam proses editing. Syuting video klipnya dilaksanankan di daerah Cimanggis Riverside Bogor pada 7 April lalu. Bertindak sebagai sutradara adalah A.N.G.G.Y yang juga menggarap klip-klip keren seperti Jangan Menyerah – d’Masiv, Permintaan Hati – Letto, Dosakah aku – Nidji dan masih banyak lagi. Kamera yang digunakan adalah media film, beda dengan sebelumnya dalam video klip “Aku Jatuh Cinta” yang hanya menggunakan media video.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar